Selasa, 28 Mei 2013

PENGERTIAN ILMU


TENTANG ILMU
Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmmu pengetahuan beberapa derajat
(Q.S.AL-Mujadillah{58}:11)
Ibnu Abbas berkata”derajat ulama lebih tinggi tujuh ratus daripada derajat orang beriman,dimana jarak antara satu derajat kederajat lainnya adalah tujuh ratus tahun.
,
Allah berfirman,”katakanlah ‘Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui???
(Q.S.az-ZAMAR{39}:9)
Sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hambaNya hanyalah ulama
(Q.s.Fathir{35}:28)

Allah juga berfirman,”dan perumpamaan-perumpamaan ini kami buatkan untuk manusia”dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.”Q.S-al ankabut{29}:43

Dalam hadist disebutkan bahwa”hamba yang mulia adalah mukmin yang berilmu,yang jika dibutuhkan dia bermamfaat dan sebaliknya jika dia tidak dibutuhkan maka dia sudah merasa cukup dengan apa yang telah diterimanya.

Dan didalam hadis juga ada terdapat hadist beliu”iman itu ibarat orang yang telanjang yang pakainnya itu disebut ketaqwaan danperhiasannya disebut sifat malu  dan buahnya disebut dengan ilmu.

Sedangkan keistemewaan yang dismpaikan oleh  Nabi tentang keistimewaan ilmu yaitu”
Sesungguhnya para malaikat akan membentangkan sayapnya (merendahkan sayapnya untuk memberi perlindungan)bagi penuntut ilmu karena ridha apa yang dilakukannya.
Istimbatnya:
ILMU ITU LEBIH BAIK DARIPADA SHALAT SEBANYAK SERATUS RAKAAT

TENTANG ILMU YANG BAIK DAN YANG TERCELA SERTA PENJELASAN TENTANG HUKUM FARDU-AIN DAN FARDU KIFAYAHNYA DALAM MENUNTUT ILMU

Yang dimksud dengab ilmu dalam hadist ialah ilmu yang wajib diketahui oleh orang muslim yang telah mencapai usia baligh,diantaranya seperti mempelajari 2 kalimat syahadat dan memahami maknanya,namu ai tidak diwajibkan untuk dalil-dalil serta hukumnya.
Cukup bagiannya dengan menyakini tanpa ada keraguan sedikit pun meski melalui jalur taklid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar