Selasa, 04 Juni 2013

pengertian tingkah laku teruji


PENGERTIAN TINGKAH LAKU TERPUJI




PEMBAHASAAN

Pentingnya kejujuran.
Kejujuran adalah mutiara yang tetap berlaku dimana saja dan kapan saja.kejujuran membawa kebaikan bagian seseorang dalam jangka waktu yang panjang dalam kehidupan duniawi dan ukhrawinya.


Dalam kejujuran ada hadis memberi ajaran tentang  kejujuran dalam islam dimana isi kandungan hadis yaitu:
a.       Diperintahkan bagi orang yang beriman untuk meninggalkan sikap dusta berdebat
b.      Diperintahkan bagi orang yang beriman untuk meninggalkan dusta kedatipun hanya bergurau
c.       Diperintahkan bagi orang yang beriman untuk berahlak yang baik.
d.      Jika orang yang beriman mengikuti petunjuk hadis tersebut maka allah membalasnya dengan sesui dengan tingkatan dan spesifik



1.Yang dimaksud dalam penjelasan dalam meninggalkan sikap dusta berdebat yaitu
:merupakan sikap negatip yang mengakibatkan menjadi ada perselisihan  dan kebencian itu yang ditakutkan dalam perdebatan,sebab pada saat ada perdebatan itu bukan lah yang diutamakan kebenaran namun bagaimana meraih suatu kemengan.kendatipun apa yang diutarakan sebuah kebenaran namun yang terpenting bukanlah hal itu tetapi dapat membuat orang bungkam dan tunduk didepan argumennya sendiri.
2.Meninggalkan sikap suka Berdebat.
Dusta adalah salah satu sikap tercela.Nabi muhammad saw ,mengatakan diantara ciri-ciri orang munafik termasuk salah satunya adalah suka berdusta,berdusta merupakan tingkatan dari bohong.dan merupakan sifat tidak beriman kepada  Allah SWT.
(Q.S.az Zumar ayat 60)
Artinya:”dan pada hari kiamat kamu melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah,mukanya menjadi hitam,bukanlah dalam neraka jahannnam ada tempat-tempat bagi orang yang menyombongkan diri.
agar penyakit dusta hilang dalam diri.


Agar penyakit dusta hilang dalam diri seseorang maka sebaiknya ia bertaubat dan menyadari segala perbuatannya dan selaku  orang paling dekat kita itu jangan lupa mengarahkan dan mengajak kembali secara perlahan-lahan dalam mendekatkan diri kepada allah dalam beribadah.

3.Orang yang berbudi pekerti yang baik.
Nabi Saw.Mengatakan bahwa orang yang terbaik,adalahoarang yang terbaik ahklaknya’dan orang yang mukmin yang baik itu adalah orang terus menerus berpusa dan ,mengejar shalat malam dengan berbudi pekerti yang baik.


B.kejujuran membawa kebajikan.
Dapat disimpulkan dalam hadis yang berisi yaitu:yang dimana kebajikan membawa kesurga dan sebaliknya juga.dalam kandungan hadis tersebut dapat motivasi buat kiat yaitu kejujuran mengantarkan kebaikan sementara keburukan mendatangkan keburukan



Nb:kejujuran adalah mutiara yang tetap berlaku dimana saja dan kapan saja.
Dalam kercayaan seseorang sulit  menemukan kesugsesan .orang yang benar-benar jujur takut akan mengucapkan kebohongan karna dia tahu Allah maha melihat dan saksinya adalah malaikat-maliakat pencatat kebaikan dan keburukan.dan selalu di tolong oleh Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar